Langkah Febook Dalam Meraih Pengguna Terbanyak

Facebook mengumumkan telah membeli aplikasi messenger lintas platform, WhatsApp senilai USD 16 miliar atau  Rp 192 triliun dengan kurs USD 1 setara Rp 12 ribu.

CEO Facebook Mark Zuckerberg memastikan akuisisi takkan berpengaruh pada operasional maupun independensi WhatsApp, terpisah dari Facebook Messenger.

Dikatakan pula, pembelian dilakukan secara tunai senilai USD 4 miliar (Rp 46,8 triliun) dan USD 12 miliar dalam berntuk saham Facebook. Selain itu, Facebook juga menyanggupi memberikan saham secara terbatas perusahaan jejaring sosial terbesar di dunia tersebut pada seluruh karyawan WhatsApp, yang nilainya USD 3 miliar atau lebih dari Rp 35 triliun.

WhatsApp akan melengkapi layanan chatting dan messenger yang sudah ada, sekaligus memberikan fasilitas baru bagi komunitas ini dan akuisisi ini diharapkan bisa menjadi jalan untuk menghubungkan satu miliar pengguna, yang nantinya bakal menjadi tonggak sejarah baru.

Zuckerberg juga menyebutkan, WhatsApp Jan Koum akan bergabung dengan dewan direksi Facebook sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, tetapi timnya akan tetap ditempatkan di Mountain View, California yang merupakan kantor pusat WhatsApp.

Jumlah pengguna WhatsApp yang mencapai 450 juta per bulan, dimana 70 persen di antaranya merupakan pengguna aktif menjadi pertimbangan utama Facebook mau membeli perusahaan tersebut.

Facebook terus berusaha meningkatkan popularitasnya di kalangan anak muda. Untuk mewujudkan itu, FB membeli layanan pesan Whatsapp USD 16 miliar atau Rp 192 triliun dengan kurs USD 1 setara Rp 12 ribu. Pembelian ini dilakukan dalam bentuk tunai dan saham.

CEO FB Mark Zuckerberg dalam sebuah pernyataan di Facebook mengatakan bahwa akuisisi WhatsApp dilakukan untuk membantu misinya membuat dunia semakin terhubung dan terbuka.

Hal ini dilakukannya dengan membangun layanan yang membuat orang dapat berbagi beragam konten dengan siapapun yang mereka inginkan. WhatsApp akan membantu kami dengan terus membangun layanan yang dipakai setiap hari oleh orang-orang dari penjuru dunia.

Facebook yang menggelontorkan uang tunai USD 4 miliar dan USD 12 miliar dalam bentuk saham demi layanan WhatsApp ini memang fantastis. Angka ini tak sebanding dengan akuisisi layanan berbagi foto Instagram senilai 1 miliar dolar AS.  

Sebagai bagian dari kesepakatan, co-founder dan Chief Executive WhatsApp Jan Koum akan bergabung dengan dewan direksi Facebook.

Facebook juga akan memberikan tambahan restricted stock units untuk para pendiri WhatsApp, termasuk Koum, senilai 3 miliar dolar AS.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...