Open Source Pada Sistem Smartphone

Dari beberapa besar perusahaan global dalam bidang telekomunikasi sedang berlomba mengambangkan sistem operasi baru untuk gadget smartphone. Sistem operasi baru itu mendapat pengakuan akan mampu menyaingi system dari Android buatan Google atau system iOS dari Apple.

Kabar terbaru dari berbagai sumber, bahwa sistem operasi bernama Tizen itu sebenarnya dikembangkan oleh lebih dari satu perusahaan terkemuka dunia seperti Intel, Fujitsu, Huawei, Samsung, LG, serta operator seluler yang mendukungnya seperti, Eropa Vodafone dan Orange.

Tizen ini merupakan sistem operasi berbasis Linux.

Dari yang dikatakan oleh perusahaan operator telekomunikasi asal Jepang, NTT DoCoMo, bahwa sistem operasi Tizen ini akan diluncurkan dalam beberapa bulan lagi. Sistem itu dapat diinstal pada smartphone yang dijual dari akhir Maret atau keluaran akhir bulan Maret mendatang.

Berbeda dengan sistem Android dan sismtem iOS, Tizen ini memungkinkan penggunanya untuk mengembangkan secara bebas apa pun yang dibayangkan. Sebab, Tizen merupakan sistem operasi open source. Wah ini sasaran empuk untuk para hacker.

Dengan Tizen, tidak lain untuk membangkitkan kembali layanan di Jepang dengan mengembangkan dan menciptakan layanan baru yang lebih bebas.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...