Smartwatch Untuk Membantu Aktifitas

Gadget pintar kini bukan hanya mengarah ke perangkat telekomunikasi, juga ke aksesori, seperti jam tangan.
   
Setelah beberapa vendor seperti Samsung dan Sony yang mengumumkan jam tangan pintar (smartwatch), sejumlah vendor lainnya pun diprediksi turut meramaikan persaingan produk wearable device.
   
Smartwatch saat ini diramaikan oleh Pebble, Samsung, Qualcomm, dan Sony. Semua produk secara umum sama, memboyong beberapa sensor yang mampu memantau tingkat kebugaran pemakainya. Kemudian perangkat mampu menyajikan notifikasi email dan sosial media.
   
Untuk sistem operasi, Smartwatch Samsung dan Sony mengadopsi Android. Sementara Pebble menggunakan Pebble OS yang dikostumisasi dengan FreeRTOS serta bisa dikoneksikan dengan perangkat Android dan iOS.
   
Jika dilihat dari volume, segmen wearable device memang belum terlalu besar pada tahun ini, namun pengapalan smartwacth diprediksi akan mencapai lima juta unit pada 2014. Perusahaan seperti Apple, Microsoft, dan Google akan meningkatkan persaingan dan menguntungkan konsumen. Bahkan ZTE dan HTC pun diisukan akan masuk dalam peta persaingan.
   
Smartwatch merupakan kategori produk yang cukup penting di pasar sejak iPad ditetapkan untuk produk tablet. Platform yang terkait dengan produk smartwatch akan menjadi kesempatan besar bagi developer untuk membuat aplikasi di beberapa kategori seperti kesehatan, sport, dan kebugaran.
   
Meski demikian, survei mengungkap hanya 20 persen dari responden yang berniat untuk membeli wearable device.
   
Ditemukan fakta bahwa jumlah yang sedikit dari mereka yang menggunakan smartwatch. Ini mengindikasikan masalah dari produk itu sendiri, yang tak cukup menarik dan tak menyediakan keuntungan lebih.
   
Berdasarkan data tahun lalu, pengapalan smartwatch yang gabungan dari Sony dan Motorola hanya mencapai 330 ribu unit. Sementara bergabungnya, Samsung, Motorola, dan Qualcomm diharapkan mampu meningkatkan pengapalan smartwatch pada akhir 2013.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...