Tidak Perlu Periksakan Kadar Glukosa

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Google mengaku tengah menguji coba lensa kontak pintar yang bisa mengukur tingkat glukosa di air mata penggunanya. Dengan menggunakan keping nirkabel kecil dan sensor glukosa miniatur yang ditanam di antara dua lapis materi lensa, produk itu diklaim mampu mendeteksi kadar diabetes.

Sayangnya, produk ini masih dalam tahap penyempurnaan sebelum siap digunakan untuk keperluan sehari-hari. Karena masih dalam tahap awal pengembangan teknologi ini, tapi Google sudah menyelesaikan studi riset klinis ganda yang membantu memperbaiki purwarupa ini.

Google mengatakan bahwa para ilmuwan telah lama melihat cairan tubuh tertentu dapat membantu mereka melacak kadar glukosa. Air mata yang selama ini dikesampingkan ternyata juga bisa menjadi sarana untuk mendeteksi kadar diabetes.

Melalui produk ini, sensor hanya butuh waktu sekitar satu detik untuk mendeteksi kadar glukosa. Lampu LED kecil untuk lensa bakal memperingatkan penggunanya bila kadar glukosa mereka melebihi batas tertentu.

Google pun sedang bekerjasama dengan pengawas obat dan makanan di AS, FDA untuk mengubah purwarupa itu menjadi produk nyata dan membawa teknologi ini ke pasar. Google berharap suatu hari nanti teknologi ini bisa membantu pengidap diabetes.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...